Apa yang Adil…???

Beberapa hari yang lalu pas gw pulang kantor bareng ama bokap, di radio Elshinta lagi berkumandang siaran berita yang isinya salah satu pejabat bank yang memalsukan laporan keuangan dan menggelapkan dana sebesar 800juta telah divonis selama 5 tahun… tiba-tiba bokap gw bilang… “Negara ini gak adil yah mit… ini yang menggelapkan uang 800jt aja divonis 5 tahun penjara, sedangkan si **sensor** yang menggelapkan uang milayaran cuma divonis 2 tahun”

Gw terdiem lama… sampe akhirnya gw bilang “gak ada yang adil pap, meski buat si penggelap dana 800jt…. maling ayam, maling motor aja divonis 5 tahun penjara… biar ditelusurin juga di negara ini gak ada yang adil..”

Bokap gw akhirnya cuma ketawa sambil bilang.. “iya juga sih….”

Kemaren gw sempet terpesona ama perayaan 100 tahun kebangkitan bangsa, begitu kaya-nya Indonesia, coba bayangkan; berapa banyak etnis dan budaya yang kita punya?? berapa luas Indonesia? berapa jumlah penduduk yang bisa kita daya gunakan, emang orang Indonesia goblok-goblok??? gak lahhhh…….. orang Indonesia itu pinter-pinter, hard worker, gak kalah sama bule… cuma kesempatan aja yang kurang, lapangan kerja kurang, sekolah susah.. anggaran buat rakyat miskin cuma teori doang… dikucurin dana 2 M , yang turun 1 M, alasannya gak jelas…

Pedih rasanya liat Indonesia sekarang, pedih karena pemerintah yang sepertinya susah banget buat jadi bagus, giliran senang, hanya pejabat beserta keluarga besar dan sahabat-sahabat pejabat yang ngerasain, giliran susah, dilempar ke rakyat… capek gak sih, dengan keadaan yang kayak gini??? ato giliran sebelum diangkat jadi pejabat, koar-koar yang keluar dari mulut ybs, selalu membela rakyat giliran udah jadi pejabat, matanya ditutup plus mulut disumpal pake uang sogokan sana-sini yang gak abis-abis.

Negara tambal sulam ini namanya… “Utang negara sudah lunas..!!” gak sampe seminggu udah bikin utang lagi, gali lobang, tutup lobang… capek denger janji-janji busuk yang gak mutu… kebohongan-kebohongan yang basi.. tampang-tampang muna yang berkeliaran di pemerintahan. Semua mengemukakan kepentingan masing-masing dan golongan. Pas belum dipilih mulutnya semanis madu, janji-janji surga disebar diseluruh pelosok, rakyat miskin dan korban bencana alam didatangin, uang seolah-olah gampang turun…. eh pas udah dipilih, boro-boro diliat..

Coba deh bapak-bapak dan ibu-ibu yang sekarang duduk di kursi pemerintahan, kalian digaji dari keringat rakyat ini, kalian bisa dapet sogokan dana proyek karena kalian duduk di pemerintahan yang notabene juga karena rakyat yang milih, masih sampe hati juga bikin rakyat sengsara..?? dasar kalian semua gak tau terima kasih… kalian dipilih oleh rakyat karena rakyat berharap dengan adanya kalian, pemerintahan bisa mendengar isi hati rakyat… rakyat memilih kalian karena rakyat tau kalian tidak TULI..

Ini bukan karena kenaikan harga BBM, ini karena gw udah muak dengan keadaan yang gini-gini aja..

  • Harga BBM naek gak menyelesaikan masalah.. malah keadaan akan makin kacau, karena kalo rakyat udah menjerit kelaperan.. apapun bisa terjadi bos..!!
  • Rakyat miskin bertambah, kucuran dana my a**..!! mana dananya..??? berapa sih yg dikasih…??? buat beli sembako aja gak cukup..!!
  • Sekolah mahal..!! SPP ditiadakan..!!! iyeeee…… cuma ganti nama doang jadi uang pembangunan… !! lebih gede dari SPP lagi.. heran..!! mo pinter aja susah..!! TIAP-TIAP WARGA NEGARA BERHAK MENDAPAT PENDIDIKAN..!! kamu sendiri yang tulis di UUD..!! ITU HAK KAMI..!
  • Lapangan kerja susah…!! perumpamaan neh… asli orang Indonesia kerja di proyek A, kualifikasi pendidikan S2, pengalaman pekerjaan 5 tahun, umur 30 tahun, gaji : maksimal 6 juta…. Orang Bule kerja di proyek yang sama… kualifikasi pendidikan sama, pengalaman pekerjaan sama, umur sama, gaji: 1500 USD/ bulan, BELUM TERMASUK Rumah di kawasan ok, seperti daerah Kemang plus fasilitas kolam renang, pembantu, supir biasanya 2 kalo ybs udah berkeluarga (1 untuk ybs, 1 lagi untuk nganterin istri belanja bulanan ato ngantar anak ke sekolah) dan baby sitter (kalo udah punya anak), INTINYA : semua anggaran yang bisa buat gaji 4 orang fresh graduate plus 1 OB hilang sudah dengan sia-sia, hanya untuk ngeladenin bule yang katanya LEBIH PINTER DARI ORANG INDONESIA….!!

Gw bukan bilang kalo gw bisa ngurus negara, gw juga gak minta keajaiban kok, dalam waktu 2 tahun semua bisa terwujud, kenapa gw bilang 2 tahun???, karena fakta yang terjadi, jika for example seorang presiden terpilih, schedule nya bakal seperti ini :

    • Tahun I   : Sibuk bikin agenda pemerintahan buat “5 tahun” kedepan, nyiapin kabinet, rubah president decree dsb, menserasikan agenda kerja dan agenda rapat dengan pejabat lainnya seperti menteri, DPR… sibuk “nepatin janji” secara financial plus bayar utang kampanye kepada para pendukung, langsung liat agenda proyek (cari pendapatan sampingan..), buka jalur SMS yang entah dibaca entah gak, foto-foto bersama kabinet dan keluarga besar…
    • Tahun II  : Mendengarkan seperempat dari aspirasi rakyat… mewujudkan seperdelapannya
    • Tahun III : Mewujudkan seperdelapannya lagi, plus bikin album rekaman dan cari inspirasi dengan maen gitar di teras istana
    • Tahun IV : Cari pendukung lagi, cari sponsorship, cetak brosur, bikin bendera, shooting iklan, mengumbar janji manis lagi…
    • Tahun V  : Kampanye, aspirasi rakyat..??? yuk,dadah,baybay…!!

Kira-kira begitulah schedulenya… Kalo begini schedulenya.. kapan ngurusin kita..???!!! ini terjadi seperti siklus 5 tahunan, kayak siklus banjir Jakarta… gw udah eneg…!  

Sekarang udah saatnya rakyat maju, junjung tinggi demokrasi tapi bukan demokrasi yang kebablasan.. perjelas aturan negara, tegakkan hukum tanpa melihat latar belakang, semua warga negara sama kedudukannya didalam hukum dan undang-undang.. kalo hukum udah ditegakkan, gw yakin kita bisa jadi negara yang maju tanpa embel-embel salah satu “Negara Terkorup”..

Gw cinta Indonesia… cuma gw sedih ngeliat negara gw sekarang.. terlalu banyak borok di pemerintahan… kasihan pejabat-pejabat jujur yang memang bekerja tanpa pamrih demi untuk menjadikan Indonesia negara maju, sayangnya tindakannya terbentur oleh sifat serakah sang atasan yang lebih mengatasnamakan kesejahteraan pribadi dan golongannya.

Mirisnya, pemerintah sibuk cari bantuan dari LN, tenaga ahli asing… padahal anak bangsa bisa melakukan hal yang sama dengan budget yang jauh lebih rendah…!! kenapa Indonesia tetap begini..??? hutang negara menumpuk, lapangan kerja habis…????  KARENA PEMERINTAH BOROS..!! rakyat yang harus menanggung akibatnya…!

Sekali lagi…. Apa yang adil dari negara ini..?? GAK ADA..!!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s