“You Complete Me” Theory…

 

Tadi malem gw sempet chatting ama temen lama gw, and in the middle of anywhere, kita tiba2 ngomongin film Before Sunset dan After Sunrise nya Ethan Hawke yang oke bgt ituh, ada suatu statement yang bikin gw mikir :

 

“The idea that we can only be complete with another person is evil”

 

Pertanyaan yang mendasar ada di otak gw adalah :

 

 “Why people tend to say that.. he/she complete me, and we gotta get married somehow, he made for me or she made for him

 

“why everything is measured by the attendance of a PERSON into someone’s life”

 

Karena, kembali lagi, di film “Prime” Meryl Streep pernah bilang : “sometime you love, you learn and you have to move on”

 

what’s the indicators by saying “I love him and he made for me, we complete each other”

 

tapi apakah cinta itu cukup..?? “Love can conquer everything” – it’s a dumb theory..

 

we live in a real world… where “Love” most of the time is not good enough…

 

Gimana kalo something that can complete us, is everything but someone, bisa aja kan people feel complete hanya dengan suatu barang ato perasaan ato bahkan imajinasi… sperti si penulis merasa completed begitu dia mempunyai inspirasi dan imajinasi, si programmer merasa completed begitu mereka mempunyai laptop, si penyanyi feels completed begitu mereka menyanyi diiringi band yang excellent..

 

Temen gw yang sangat amat romantis ini, dan awalnya 100% mendukung pernyataan “You Complete Me”-nya si Jerry McGuire, terdiam cukup lama sampe akhirnya ngomong :

 

Oknum H

:

Kok lo jadi apatis gini sih..?

Sayah

:

Bukan apatis kali.. Cuma berlebihan aja…

Sayah

:

3 org adek nya nenek gw gak nikah.. mereka gak mikir who’s gonna complete them

Oknum H

:

Lo nya aja kali gak tau, kan perasaan org lo gak tau.. mungkin mereka dl jatuh cinta, trus patah hati, trus gak mau jatuh cinta lagi

Sayah

:

Trus, hubungannya ama “You complete me” dgn jatuh cinta apaan??

Oknum H

:

yah, on behalf of Love, baru kluar pernyataan “you complete me”

Sayah

:

Trus kalo cinta udah ilang.. gak saling melengkapi lg dunks

Oknum H

:

hmmmmm… emang cinta bisa ilang..???, kalo udah cinta mah ya cinta aja terus…

Sayah

:

yeee…. Ngarang loe.. tau dari mana..??????????????

Oknum H

:

Teori nya gitu mit, kalo lo mengumpamakan org cerai, kan gak selalu org cerai itu artinya gak cinta lagi… bisa aja saking cintanya dia mengikhlaskan pasangannya itu, “If you love someone, set them free”

Sayah

:

Kembali lagi… teori “you complete me” –nya mannnaaaa…??

Oknum H

:

well, kan biar cerai tetep bisa saling melengkapi

Sayah

:

Loe nyadar gak, kalo smua kata2 loe itu maksa bgt.. kayak idup di alam yg gak nyata..

Oknum H

:

maksudnya?

Sayah

:

Loe termakan paham dimana Cinta itu mengalahkan segalanya… padahal cinta itu adalah suatu paham dimana banyak bgt komponen yg terkait didalamnya, cinta itu butuh logika.. cinta itu bisa diciptakan sendiri, smuanya tergantung situasi dan kondisi..

Sayah

:

Tapi gak selamanya org yg jatuh cinta itu melengkapi satu sama lain, itu too good to be true, gw gak bilang kalo itu gak mungkin yah, Cuma sedikit org yg bisa ngewujudin hal yg kayak gitu

Sayah

:

kalo misalnya, setiap org baru complete dgn kehadiran org yg dicintai nya, permasalahannya, gmn kalo cinta nya gak berbalas..?? gmn kalo A mencintai si B, kemudian si B mencintai si C dan kemudian si Z mencintai si A dan si C mencintai si Z…????

Sayah

:

Sekali lagi, cinta itu butuh logika… kalo loe ngelepas cinta tanpa logika, yg ada kayak ngelepas anak anjing buta yang udah sebulan dikandangin… nubruk sana dan sini…

Sayah

:

Pemahaman “You complete me” itu gak selamanya bener, kadang loe harus compromising.. setelah compromising dan menekan ego masing2, baru keluar kata2 “you complete me” and that’s the hell lot of work…!

Sayah

:

Gak ada yg instant di dunia gila ini Har..!!

Oknum H

:

Mit….

Sayah

:

Yups..

Oknum H

:

Lo either lagi broken bgt ato lg jatuh cinta… hehehe..

Sayah

:

Gw lagi gak mikir apa2…

 

**Berikutnya percakapan yg gak penting… huehehehe.. gak usah di publish**

 

Percakapan diatas, bikin gw buka mata and nulis postingan, yg spertinya gak bakal kelar2… tapi ini bukan postingan apatis.. buat gw :

 

“Love” itu bridge.. bridge between feelings, thoughts and actions, and guys…. Bridge could falling down… and could be broken.. Gw dulu pernah pacaran dengan si X, I loved him so much, seems like he understand me and any of those craps.. J couple years later, we broke up, couple years later… we met again, and guess what… that bridge only lead me to feelings, feeling that I’m comfortable talking with him, hang out and so on… but the bridge that lead to thoughts is missing… after I already home, I never think about him, I had a really good time before : yes, but that’s it…! if the bridge to thoughts is missing, the bridge to action is not completely missing, but that based on friendship kind of thing, we still help each other and try to be next to each other everytime each of us need a friend..

 

“Love” doesn’t have to be with the opposite sex, as well as soulmate.. gw selalu mikir soulmate gw adalah sahabat gw Ira… but it doesn’t mean that I would marry her… (amit…amit jabang bayi deh raaa…!!) dan gw jg selalu mikir, I have a true love with someone that he even doesn’t exist in this world anymore… unconditional love and it’s left unspoken.. pertanyaan yg terus ngambang di otak gw, IF, I already lost my love, would I have another one..???? If I already lost my soulmate, would I have another one..??? hmmm… considering people said that everyone made for someone… dan.. how could u know that a person made for you..??? who’s gonna complete me..?  and again… Life is full of shit and gambling kan..???

 

Mungkin gw lebih memilih menganut paham Meryl Streep… logika nya masuk bgt, apalagi di film nya dikisahkan kalo cinta sang anak terhambat gara-gara org tuanya gak setuju, sbenernya banyak bgt komponen-komponen yang terdapat didalam suatu paham yang bernama “Love” ini.. dan Cuma sedikit bgt orang beruntung yang dapat memenuhi smua komponen tersebut, dan statement “you complete me” dapat diraih…. It leads to the statement: Love can conquer everything is bullshit.. sometime love can’t negotiate..

 

Back couple of years ago, salah satu sobat gw, pernah bilang… “pokoknya kalo org tua gak setuju, jgn dipaksain, cinta yg dipaksain itu egois, kita mikir diri sendiri, dak mikir org2 yang udah ada sama kita sejak kita lahir, karena nanti loe smua pasti akan larinya ke keluarga lagi, biar udah punya anak se gambreng juga..” akhirnya gw balik lagi ke un-common statement gw, yang sedikit kurang ajar… (sbenernya gak pernah gw bilang ke org2, takut dibilang kalo gw sarkatis dan narsis… **ok… gw tau.. bagian narsis nya emang gak nyambung…**

 

Cinta itu egois…!! Nah… seru nih kalo ngomongin ini…. Mungkin banyak org yg gak ngaku….

 

Sperti cerita si sobat gw tadi…. Sbenernya siapa yg egois..?? apakah orang tua dan lingkungan sekitar nya ato si sobat gw dan pacarnya ketika itu…???, kalo emang cinta itu gak egois, harusnya si ortu ama lingkungan sobat gw ngeliat, kalo they’re deeply in love and he can make my bestfriend happy dan bisa juga kalo cinta itu gak egois, harusnya si cowok nya sobat gw dan sobat gw pada saat itu berusaha utk putus aja.. demi menyenangkan keluarga sobat gw, tapi apakah dengan gini si Keluarga sobat gw bakal dikatakan tidak egois..???? huehehehehe…. Itu namanya Egois…

 

Orang tua gw pernah gak setuju ama hubungan gw, dengan alasan si cowok adalah tipe yang gak baek buat gw, sementara gw udah sayang banget ama cowok gw itu, kalo gw mo egois, gw bakal memaksakan kehendak gw buat menikah ama cowok itu, sampe akhirnya gw lebih memilih buat menuruti kata org tua, semata-mata karena gw pengen org tua gw ada pada saat gw nikah, dengan kata lain.. “terpaksa dan takut”, sekali lagi egoisme muncul ke permukaan..

 

Salah satu kenalan gw dan pasangannya nekat hamil sbelum nikah, Cuma karena pengen gak ada alasan bagi keluarga nya untuk ngelarang mereka nikah.. sekali lagi sifat egoisme itu muncul, karena si anak gak mikirin bagaimana perasaan org tua nya begitu mengetahui anaknya hamil di luar nikah…  

 

Hakikat dasar manusia itu adalah “sendiri”, lahir sendiri, mati jg sendiri, keluarga, pernikahan dan pertemanan itu muncul karena sifat dasar manusia sebagai makhluk social, dan juga keinginan manusia untuk diakui status sosialnya di dalam suatu kelompok yang lebih sering disebut dengan “masyarakat”.

but anyhow.. u dont have to think about this complexity of love, karena gak ada guna nya jg, once you got your head over heels… **BAM..!!** you won’t think any of that.. kembali lagi..sifat egois akan muncul… 😉

 

Only my two cents opinion… 😉

 

Cheers…!

 

This entry was posted in Thoughts. Bookmark the permalink.

4 Responses to “You Complete Me” Theory…

  1. squ4ll says:

    Asli… pusing guwe bacanya 😀

  2. amitabahar says:

    Gue jg pusing nyelesaiin draft nya her… huahahahaha… butuh pemahaman yg luar biasa.. kadang pikiran gw emang suka dalem bgt sampe gak tersentuh ama gw… huehehehe…

  3. cheppychubby says:

    Menurut gue, cinta itu adalah asasi, akibat nya bisa jadi bahwa ketika kita men-Cinta kita harus Egois.
    Karena cinta, bisa aja gue melakukan apa aja, menurut orang totally wrong tapi gue anggap itu wajar.

    Soul mate, kita juga bisa bersikap restricted terhadap hal yang satu ini. Banyak orang mengkonotasikan Soul mate dengan Jodoh atau Cinta Sejati. Sah-sah aja sih, tapi kita jadi bingung ketika ada sebuah pernikahan antara dua orang yang awalnya saling begitu mencintai dan kita mengira mereka itu adalah berjodoh, namun ditengah perahu pernikahan mereka merasa gak cocok akhirnya berpisah, kembali pertanyaannya apa sih makna sebenernya dari yg disebut dengan Soul Mate atau Jodoh atau Cinta Sejati.

    Kalo kita mau egois, dalam pernyataan kita tentang cinta, baik kita sedang menjajaki hubungan atau sudah dalam ikatan pernikahan kita, sah-sah saja jika kita menyimpulkan seseorang itu adalah benar2 soul mate kita, walau dia itu bukan berarti suami atau istri kita, karena sesungguhnya soul mate atau jodoh yang hakiki itu adalah harusnya bagaimanapun keadaannya kadar perasaan cinta dan sayang kita gak pernah berubah.

    Ironis memang seandainya kita mempunyai seseorang yang terikat secara pernikahan itu adalah pasangan kita tapi sesungguhnya dia merasa bahwa soul mate atau cinta sejati atau jodoh kita bukan dia. Itulah ke-egoisan cinta, itulah reality, itulah hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s