Hebohnya Mengurus Paspor

Ga heboh-heboh banget sih, tapi cukup menyita waktu, tenaga dan bensin.. 😂

Per Januari 2018 ini mengurus paspor udah ga bisa langsung walk-in (setidaknya di daerah tempat saya tinggal yaitu di Pekanbaru) kita harus mendaftar online dulu, bisa lewat web ato lewat aplikasi, aplikasinya ketika itu hanya bisa di download di android, ga tau deh sekarang.. kemudian kita harus memilih hari, waktu (jamnya) dan dapat nomor antrian, print dan kita tinggal datang gampang kan..? Well it supposed to be easy.. kenyataannya.. hummm..

Sebelum bisa mendapatkan nomor antrian, kita harus mendaftar dulu di sini  tapi sayangnya kuota untuk pembuatan passport per hari nya ternyata dibatasin, jumlah kuota nya tergantung dari kebijakan masing-masing Kanim (Kantor Imigrasi). Ketika saya mendaftarkan appointment untuk pembuatan passport di Kanim Pekanbaru, saya tidak pernah mendapatkan slot, ketika kita tidak mendapatkan slot di Kanim yang dituju, kita bisa mendaftarkan appointment di Kanim lainnya, dimanapun yang kita mau. Pembuatan passport dapat dilakukan dimana saja. Karena susah slot itu, sayapun mendaftar di Kanim Siak yang artinya saya harus menyetir kurang lebih 3 jam dari Pekanbaru (bukan saya sih.. saya cuma mendampingi supir aja hehehe..)

Proses pembuatan passport ini cukup sebentar, lebih lama nyetirnya ke lokasi Kanim nya. Sudah kebayang saya harus balik lagi ke Kanim tersebut untuk mengambil passport yang udah jadi. Tapi ternyata…!! TIDAK PERLU SODARA SEBANGSA SE-TANAH AIR..! sekarang Kantor Imigrasi sudah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Passport bisa langsung diantarkan ke rumah kita, hanya dengan membayar sekitar 25 ribu / passport (kalo ga salah ya).

Hanya butuh 5 hari kerja aja sampai passport jadi dan sampe ke rumah. Easy peasy..! EKTP jadi.. Passport jadi… next apa..?? bikin visa yuk…

Advertisements
This entry was posted in Jalan-Jalan, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s