Visa Schengen..!

E-KTP dan Passport kelar, saatnya mengurus Visa Schengen, visa ini bisa diurus di salah satu kedutaan nega yang paling lama kita kunjungi. Tapi jangan takut, itinerary bisa terus berubah, yang penting dapat visanya, itinerary kami baru fix sekitar 3 hari sebelum berangkat.

Untuk liburan kemarin, kita mengurus visa schengen melalui negara Belanda, kalo dulu pengurusan visa langsung ditangani oleh kedutaan, sekarang Belanda (dan beberapa negara lain) menunjuk VFS Global untuk menangani pengajuan visa, namun visa approval tetap wewenang dari kedutaan negara terkait, jadi VFS ini cuma menangani masalah administrasi visa nya. Lokasi VSF ini ada di Kuningan City Mall, Jakarta. Untuk baca-baca, bisa klik disini ya.

Sekarang masuk ke proses pembuatan visa ya.. kita bahas dokumennya satu per-satu;

  1. Dokumen registrasi pendaftaran dari website VFS, untuk mendapatkan dokumen ini, kita harus registrasi dulu, kemudian memilih jam appointment nya, nanti akan ada email dengan barcode yang harus di print. 
  2. Passport
  3. formulir visa ; Gampang… tinggal di download dari website nya VFS, ngisinya juga gampang, walopun format download-annya PDF, tapi ngisinya bisa diketik dari komputer. 
  4. Bookingan tiket ; TIDAK HARUS DI ISSUED dulu, berhubung saya dan suami ga mau gambling, takut visa nya ga di approve, jadi kita ga issued tiket dulu, kebetulan kami punya kenalan yang punya travel agent, jadi bisa minta tolong untuk di-booking-kan tiket dan di hold selama 3 hari. Biasanya travel agent tau kok, mungkin ada biaya admin nya, daripada rugi puluhan juta, mending bayar aja biaya admin nya. Selain itu kalo booking lewat website Qatar Airways, option untuk booking tiket dan di hold sebelum issued juga ada, ada biaya adminnya juga ya.. ya masa mo gratis terus…hihihi.. Kalo untuk tiket promo mungkin ga bisa ya, soalnya kan rebutan tuh, jadi yang pake tiket promo, banyak-banyak berdoa aja biar visa-nya di approved.
  5. Itinerary ; Seperti yang saya bilang di atas, visa dikeluarkan dari negara yang paling lama kita kunjungi, tadinya saya kira visa dikeluarkan dari negara yang kita datangi pertama kali, bisa aja sih, tapi menurut mba-mba VFS nya, kemungkinan visa keluar 50-50. Untuk tiket kereta / pesawat yang nantinya akan kita gunakan selama menjelajah Eropa dapat dibeli setelah visa keluar, ga perlu dibeli sebelum mengurus visa. Jadi kalo stelah visa keluar itinerary masih mau dirubah, silahkan aja.
  6. Bukti booking hotel ; Jangan lupa disesuaikan dengan itinerary yang diserahkan ya, booking hotel bisa dicari di booking.com dengan pilihan Free Cancellation dan Pay at the Property / Pay Later, jadi begitu visa keluar dan itinerary mau dirubah, tinggal cancel aja. Kenapa Booking.com? karena cuma disini kita bener-bener bisa booking tanpa di charge dulu, kadang-kadang mereka memang menarik uang dari credit card yang digunakan, tapi biasanya dibalikin lagi, mereka cuma mau memeriksa apakah credit card nya memang bisa dipake ato engga. Untuk harga yang lebih murah memang suka ada di Traveloka, tapi kalo cancel, traveloka menggunakan sistem refund, jadi butuh waktu agar uang kembali ke kita. Jadi kalo memang itinerary tidak akan berubah, silahkan gunakan traveloka untuk harga yang lebih murah. 
  7. Travel Insurance ; Saya agak males sih ngulik travel insurance ini, kemarin yang saya gunakan ACA, alasannya, karena mas-mas nya ngerti travel insurance apa yang digunakan untuk apply visa schengen Belanda. Saya rasa semua insurance company pasti ngerti sih. 
  8. Surat Keterangan Sekolah (bagi yang bawa anak) ; Bisa diminta di sekolah, beberapa sekolah udah tau formatnya, kalo butuh, boleh email saya di amita.bahar@gmail.com nanti saya email formatnya.
  9. Surat Keterangan Bekerja ; Bisa diminta di kantor masing-masing tempat kita bekerja.
  10. Bank Reference ; Saya ga pake, yang saya pake print out buku tabungan selama 3 bulan terakhir. Banyak yang bilang harus ada uang dalam jumlah tertentu (banyak yang bilang 50-60 juta) yang mengendap, sebenernya engga juga sih, yang penting ada tabungan (walopun ga sebesar itu) dan jelas,  ada uang keluar masuk dalam jumlah yang wajar.
  11. KTP dan terjemahannya ; Terjemahannya ga perlu pake sworn translator, formatnya udah banyak ada di mbah Google
  12. Akte Kelahiran dan terjemahannya ; untuk akte kelahiran jaman dulu harus di terjemahkan, format terjemahannya juga udah banyak ada di mbah Google. Kalo akte kelahiran yang baru, ga perlu terjemahannya, karena di akte nya udah ada bahasa inggrisnya.
  13. Kartu Keluarga dan terjemahannya ; formatnya bisa dicari di mbah Google juga.
  14. Buku Nikah ; kalo bawa anak.

Semua dokumen dibuat 1 rangkap untuk masing-masing applicant. Contohnya, saya berangkat sekeluarga (2 anak), tiap anak dibuatkan 1 rangkap dokumen diatas, untuk Bank Reference menggunakan punya papa nya, karena memang disponsori oleh papahnya (ya iyalah, masa papah anak lain). Sebenernya ga perlu bawa dokumen asli sih, tapi akte kelahiran anak yang asli harus dibawa sebagai bukti kita ga bawa anak orang.. hihihi…

Kalo semua dokumen udah lengkap, langsung dateng ke Kuningan City Mall, lokasinya di lantai 2. Kita baru boleh masuk 15 menit sebelum jam appointment, kalo telat ya ga bisa masuk. Di lobby VFS ada counter yang bisa bantuin kita kalo ada dokumen yang belum dibikin ato bookingan yang belum di print, ada biayanya yaa… 

Visa bisa dikirimkan langsung ke alamat rumah ya, nanti bilang ke mba VFS nya, dibebankan 50.000 (kalo belum berubah) per passport. Untuk biaya visa adalah sebesar 60 Euro/orang, anak dibawah 6 tahun free ya.. dan untuk anak umur 6 – 11 tahun sebesar 35 Euro/anak. Selain ini ada biaya administrasi sebesar 25 Euro/org termasuk anak-anak. 

Proses pembuatan visa saya kurang lebih 5 hari kerja, udah nyampe di rumah. 

Sebenernya semua prosesnya gampang dan gak ribet, cuma butuh sibuk sebentar aja. 

Selamat liburan..!!

This entry was posted in #ektp #paspor #menguruspaspor #mengurusektp #buktirekamdata #ektpdisdukcapil, Jalan-Jalan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s